Assalamu'alaikum, ! selamat datang di Berita Karanggedang. | Sign In
"Tangan yang bekerja lebih baik daripada lidah yang terus berbicara"

Minggu, 02 Juni 2013

Sehat dengan Jamu Tradisional Ibu Kuwati

Jamu sebagai ramuan tradisional sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Selain harganya yang relatif murah, jamu juga dirasa lebih aman tanpa efek samping seperti obat dokter pada umumnya. Oleh karena itu jamu menjadi pilihan utama bagi masyarakat desa pada umumnya. Warung jamu ibu Kuwati yang berada di Desa Karanggedang tepatnya di sebelah timur Masjid Al-Hidayah seperti tidak pernah sepi dari para pelanggan. Kebanyakan mereka datang dari luar desa, mereka dari kalangan orang biasa, pedagang, pegawai, bahkan dari kepolisian sering terlihat datang dengan membawa
mobil dinas kepolisiannya. Seperti Jamu pada umumnya di warung jamu ini menyediakan jamu kunir, beras kencur, godong gandul, temu lawak, dan lain-lain. Menurut penuturan para pelanggan yang biasa datang, jamu ibu Kuwati terbukti manjur mengobati keluhan penyakitnya, ada yang sakit perut, masuk angin, batuk, pegel linu, kecapaian. Jamu kuwati juga sangat manjur untuk meningkatkan vitalitas, sehingga bisa lebih kuat dan bertenaga dalam menjalankan aktifitasnya. Pelanggan yang datang tinggal menyampaikan keluhan penyakitnya, kemudian dengan segera akan dibuatkan jamunya. Harga satu gelas Jamu cukup murah hanya Rp 3.000,-.
Menurut mbak Tarsin, pemilik warung jamu, dulu jamu ibu Kuwati di jajakan di pasar blekatuk, di pasar tersebut juga sudah banyak pelanggan yang menunggu kedatangannya setiap sore. Namun karena usia ibu Kuwati yang sudah semakin sepuh, dan kesehatannya yang menurun maka beliau tidak lagi jualan jamu di pasar tetapi hanya membuka di rumahnya. Sekarang usaha jamu ibu Kuwati diteruskan oleh putrinya mbak Tarsin, namun demikian kualitas jamu sama dengan jamu buatan Ibu dulu, karena di belakang ibu Kuwati juga ikut membantu dalam proses pembuatan jamu. Selain jamu, di warung jamu ibu Kuwati juga menyediakan aneka jajanan atau cemilan sebagai pelengkap minum jamu biar tidak merasa pahit.
Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))